Rabu, 14 Februari 2018

Review Kuliah Perilaku Konsumen Kamis Pagi 8 Februari 2018

Review Kuliah Perilaku Konsumen Kamis Pagi 8 Februari 2018
Adi Gilang Pratama
Departemen Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan (www.ekonomi.ipb.ac.id)
Fakultas Ekonomi dan Menejemen (www.fem.ipb.ac.id)
Institut Pertanian Bogor (www.ipb.ac.id)
Kuliah Perilaku Konsumen IKK233 (Consumer Behavior Class)
Departement of Family and Consumer Sciences (www.ikk.fema.ipb.ac.id)
College of Human Ecology (www.fema.ipb.ac.id)
Bogor Agricultural University (www.ipb.ac.id)
Prof Dr Ir UJANG SUWARMAN, MSc (www.sumarwan.satff.ipb.ac.id, www.Ujangsumarwan.blog.mb.ipb.ac.id, sumarwan@mb.ipb.ac.id)
Dr. Ir. Lilik Noor Yuliati, MF SA
Dr. Ir. Megawati Simanjutak, MS
Ir. Retnaningsih, MS
Ir. Md Djamaluddin, MSc
Perilaku Konsumen


Kuliah Kamis Pagi 8 Februari 2018
Kuliah perdana kelas perilaku konsumen sangat berkesan. Materi dan lecture (Prof Dr Ir Ujang Sumarwan M,Sc) sangat kolaboratif sehingga membuat saya sangat bersemangat dalam belajar.
Saat awal pembelajaran, kami semua harus mengeluarkan pendapat mengenai apa itu perilaku konsumen dalam satu sampai tiga kata, kami semua; seluruh mahasiswa. Terdapat banyak pendapat seperti konsumen adalah raja, pemakai komoditas, penyuka diskon, konsumen mudah tertipu, dan masih banyak lagi pendapat.
Setelah itu kami disuguhkan dengan teori-teori perilaku konsumen dalam slide. Lecture menjelaskan bahwa dalam salah satu  teori Schiffman dan Kanuk (2010)  Istilah Perilaku konsumen diartikan sebagai perilaku yang diperlihatkan konsumen dalam mencari, memberi, menggunakan, mengevaluasi, dan menghabiskan produk dan jasa yang mereka harapkan akan memuaskan kebutuhan mereka.

Selanjutnya masuk pada bab ke dua yaitu mengenai Motivasi Konsumen, motivasi muncul karena adanya kebutuhan yang dirasakan oleh konsumen. Kebutuhan sendiri muncul karena konsumen merasakan ketidak nyamanan antara yang dirasakan dan yang sesungguhnya dirasakan.

Dari kuliah pertama ini, saya menjadi banyak mengetahui konsumen seperti apa dan bagaimana ilmu perilaku konsumen menyuguhkan keilmuannya. Sejatinya dalam kehidupan sekarang apabila ingin menjadi seseorang yang berkecimpung dalam bidang usaha dalam arti luas, kita harus mengetahui bagaimana perilaku konsumen agar dapat mengontrol resiko bisnis. Yang sangat menarik dalam perilaku konsumen itu bahwa ilmu perilako konsumen itu sangat dekat dan nyata, tentunya ilmu ini sangat aplikatif.

0 komentar:

Posting Komentar